Home / Kemahasiswaan / Himpunan Alumni

Himpunan Alumni

Di Program Studi Teknik Sipil sudah terbentuk organisasi alumni dengan nama Ikatan Alumni Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan. Organisasi ini bertanggung jawab langsung kepada Ketua Program Studi. Himpunan alumni ini berkantor di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan. Setiap tahun diselenggarakan pertemuan dengan seluruh dosen yang mengajar di Program Studi Teknik Sipil untuk mendapatkan masukan baik yang berasal dari mahasiswa, alumni, maupun dari para dosen sendiri dan mendiskusikan umpan balik yang paling relevan. Disamping itu juga, untuk mendapatkan masukan tentang berbagai hal, khususnya berkaitan dengan relevansi kurikulum dan kompetensi lulusan Program Studi Teknik Sipil dengan pihak pengguna  yang terdiri dari Universitas-Universitas mitra dan Universitas-Universitas lainnya,.

Partisipasi alumni Program Studi Teknik Sipil dalam mendukung pengembangan akademik program studi antara lain dalam bentuk:

  • Sumbangan dana
  • Sumbangan fasilitas
  • Keterlibatan dalam kegiatan akademik
  • Pengembangan jejaring kerja (Networks)
  • Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik

Sumbangan dana dikumpulkan secara rutin setiap bulan (bagi yang bekerja/magang di Universitas Islam Lamongan dengan cara potong gaji/ honor) atau setahun dibayar sekaligus, ataupun sumbangan insidentil pada saat kegiatan dilakukan, misalnya pada acara temu alumni dengan berbagai programnya.

Sumbangan fasilitas berupa lapangan pekerjaan sosial dan publik yang bergerak dalam dunia usaha yang biasanya disediakan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan mahasiswa yang berminat di bidang pengelolaan Teknik Sipil.

Keterlibatan alumni dalam kegiatan akademik terwujud dalam bentuk pendampingan mahasiswa aktif dalam melaksanakan pengembangan matakuliah atau penelitian, maupun pengabdian kekepada masyarakat dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Para alumni juga terlibat dalam pengembangan jejaring untuk sosialisasi visi dan misi Program Studi Teknik Sipil demi meningkatkan kuantitas jumlah peminat pada Program Studi Teknik Sipil.

Disamping itu para alumni yang telah memiliki Universitas Teknik Sipil, juga telah membantu menyediakan fasilitas Universitasnya untuk membantu pelaksanaan praktik Universitas Teknik Sipil, baik dari sisi sistem penggalian dana (fund raising), pengelolaan/manajemen, maupun pendayagunaan dana yang terhimpun.