Home / Profil / Panduan Skripsi

Panduan Skripsi

Sosialisasi tugas akhir (TA) telah dikalukan sejak masa orientasi mahasiswa baru, sampai saat memprogram mata kuliah skripsi yaitu:

  1. Pada acara OSMA MABA yang dikoordinasi oleh HMJ Teknik Sipil dengan Program Studi Program Studi Teknik Sipil.
  2. Pada saat pembimbingan program kuliah, wali studi menjelaskan tentang mata kuliah yang harus ditempuh selama 8 semester termasuk ketentuan tentang TA.
  3. Melalui Buku Panduan Penyelenggaraan Pendidikan S1 yang dibagikan kepada setiap mahasiswa baru
  4. Pada saat mengikuti perkuliahan matakuliah Metode Penelitian pendidikan dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah yang wajib deprogram. Salah satu refrensi matakuliah tersebut adalah Buku Juknis Penulisan Skripsi yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan.
  5. Pengumuman tentang jadwal pembimbingan skripsi oleh Ketua Program Studi
  6. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah oleh Kosma/HMJ Program Studi Teknik Sipil
  7. Praktikum Penelitian kolektif sebagai latihan penelitian atau refreshing Metodologi Penelitian yang difokuskan pada penjelasan tentang prosedur penulisan skripsi yang dilakukan oleh Program Studi Teknik Sipil.

Setelah mereka memprogram Skripsi¸ mereka dianjurkan memiliki buku panduan pembimbingan skripsi dan kemudian mahasiswa tersebut wajib mengikuti tata cara atau prosedur penulisan skripsi sebagaimana yang telah tercantum/diatur dalam buku panduan tersebut.

Adapun persyaratan untuk dapat memprogram dan penyelelesaian TA adalah:

1). Telah memperoleh sekurang-kurangnnya 120 sks dan telah menempuh/lulus dari matakuliah Metodologi Penelitian Hukum dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah.

2). Judul dan kerangka pembahasan skripsi harus disetujui Ketua Program Studi  Program Studi Teknik Sipil.

3). Skripsi harus disusun berdasarkan hasil penelitian individual dan dibimbing oleh sedikitnya seorang pembimbing yang ditunjuk oleh Dekan.

4). Bagian isi skripsi sekurang-kurangnya 60-halaman, dengan berbahasa Indonesia., dan sedikitnya 50 halaman bila berbahasa Inggris atau bahasa  Arab.

5). Skripsi dibuat sedikitnya rangkap 4 dan telah disahkan oleh tim penguji skripsi dan dijilid dengan baik; kemudian diserahkan 1 (satu) rangkap kepada fakultas dan 1 kepada perpustakaan, selambat-lambatnya satu bulan setelah ujian skripsi.

Dalam penulisan skripsi mahasiswa diberikan bimbingan dan arahan oleh dosen yang memenuhi persyaratan / kualifikasi sebagai berikut:

a). Pembimbing skripsi yang ditunjuk berdasar SK Dekan dengan persyaratan akademik minimal Lektor atau asisten ahli yang berijazah S.2

b). Pembimbing skripsi bertugas memberikan bimbingan tentang relevansi materi dan teknis/metode penulisan skripsi sesuai dengan judul yang telah disetujui oleh Ketua Program Studi /Program Studi Program Studi Teknik Sipil.