Home / Praktikum Sipil / Praktikum Ilmu Ikur Tanah 1

Praktikum Ilmu Ikur Tanah 1

Perkambangan rekayasa teknologi dalam bidang teknik sipil pada saat ini terasa begitu cepat, baik dalam bidang rekayasa struktur, manajemen, maupun teknologi baha. Beton merupakan salah satu unsur yang sangat penting mengingat funsinya sebagai salah satu elemen pembentuk struktur yang paling banyak digunakan, hal ini di sebabkan karena sistem konstruksi beton mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bahan lain. Misalnya mempunyai kuat tekan tinggi, dapat mengikuti bentuk bangunan secara bebas, tahan terhadap api dan biaya perawatan relatif murah.

Beton bermutu tinggi dan berkinerja tinggi saat ini merupakan material bangunan yang sudah banyak digunakan dalam pelaksanaan struktur bangunan modern disebabkan oleh adanya kebutuhan kinerja structural yang tinggi pada bangunan tersebut baik pada keadaan layanan servis, keadaan batas (ultimate), maupun keawetannya (durability) secara jangka panjang.

Hal ini pula yang menuntut mahasiswa teknik sipil untuk terus bersaing sehingga menghasilkan karya yang lebih kreatif dan inovatif. Bukan hanya teori, tetapi juga praktek dan penerapan dari ilmu tersebut. Untuk itu maka di adakanlah kegiatan pratikum agar dapat menyeimbangkan teori dan praktik. kegiatan pratikum pun menjadi tempat bagi mahasiswa untuk mampu menerapkan teori yang telah diberikan di dalam kuliah (tatap muka). Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mendalami materi perkuliahan yang ada