Home / Praktikum Sipil / Praktikum Mekanika Tanah 1

Praktikum Mekanika Tanah 1

Dasar dari suatu bangunan adalah tanah,karena tidak ada bangunan yang tidak dibangun di atas tanah. Tanah sebagai penerima beban terakhir dari beban-beban dari bangunan yang akan dibangun. Maka kekuatan tanah untuk menahan tanah haruslah diperhitukan dengan baik agar tidak terjadi kegagalan seperti longsor atau penurunan yang tidak merata yang dapat merusak dan menghancurkan bangunan.

Tanah sendiri tersusun atas mineral yang berbeda dimana perbedaan susunan mineral dalam tanah akan menghasilkan tanah yang berbeda sifatnya. Perbedaan sifat tanah ini mislanya volume pori di dalam tanah, volume tanah, derajat kejenuhan, kadar air, sifat kohesi tanah, kemampuan tanah untuk swelling, penurunan dan masih banyak lainnya. Mengetahui serangkaian sifat tanah ini sangatlah penting untuk menghitung kekuatan tanah dan mendesain bangunan bawah. Untuk itu pengujian tanah haruslah dilakukan sebelum bangunan didirikan.

Oleh karena mempelajari sifat tanah adalah penting bagi perencana,maka dari itu kami melakukan serangkain kegiatan pengambilan sampel tanah untuk diuji dan diidentifikasi sifat-sifat tanahnya. Pada laporan ini akan disajikan hasil dari beberapa tes pengujian sampel tanah di laboratorium yang telah kelompok kami lakukan.

Manfaat dari melakukan serangkain uji tanah yang dilakukan adalah memberi pembelajaran kepada mahasiswa mengenai tes pengujian kekuatan dan sifat-sifat tanah yang harus diketauhi untuk mendesain bangunan pondasi. Membuktikan teori yang dipelajari dengan melakukan pengujian langsung dilapangan akan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, sehingga nantinya mahasiswa sudah terbiasa dan mengerti bagaimana  cara melakukan tes pengujian tanah di lapangan, dan sifat-sifat tanah yang harus diketahui sebelum mendesain dan membangun bangunan bawah di lapangan (proyek).