Home / Praktikum Sipil / Praktium Autocad 2D dan 3D

Praktium Autocad 2D dan 3D

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada jaman yang modern seperti saat ini, dunia industri juga semakin berkembang. Kemajuan teknologi memungkinkan proses menggambar menjadi lebih mudah. Adanya mesin gambar mempermudah kegiatan menggambar secara manual, sehingga keberadaan komputer yang dilengkapi software aplikasi untuk mendesain gambar semakin membuat komunikasi dengan bahasa gambar menjadi lebih efisien. Waktu mengambar lebih singkat, penyimpanan arsip-arsip gambar lebih mudah dan ringkas. Bersamaan dengan kemajuan teknologi, standar gambar juga telah dipaksa mengikutinya. Dapat disebutkan disini cara-cara modern yang telah dikembangkan seperti pembuatan film mikro, mesin gambar otomatis dengan bantuan komputer,  perencanaan dengan bantuan komputer ( Protel,Visio, EWB), (CAD Computer Adied Design) dan sebagainya.

Dunia pendidikan saat ini tidak luput dari dunia Informasi dan Teknologi (IT) yang merupakan salah satu penunjang penting dalam perkembangan dunia  pendidikan. Teknologi dapat membantu mempercepat menyelesaikan suatu  pekerjaan, tidak terkecuali pada salah satu mata kuliah program keahlian Teknik Sipil terdapat salah satu ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan  perkembangan jaman serta tuntutan di dunia Teknik sipil, yaitu gambar teknik. Tuntutan dunia usaha/dunia industri yang selalu berkembang dan persaingan dalam produk dan jasa menciptakan peluang munculnya teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Suatu perusahaan pembuat perangkat lunak di Amerika,  AUTODESK telah menciptakan perangkat lunak untuk membantu  perancangan yaitu Computer Adied Design (CAD). Perangkat lunak pertama dari CAD yaitu AutoCAD, yang saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai bidang teknik antara lain gambar arsitektur, mesin, otomotif, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena perangkat lunak ini menawarkan berbagai kemudahan dalam menggambar, baik gambar 2 dimensi maupun 3 dimensi secara akurat dan memiliki sekian banyak fasilitas untuk mempercepat proses menggambar.

Banyak industri yang mencoba untuk mengembangkan produknya dengan sedikit memodifikasi produk yang lama menjadi suatu produk baru. Hal tersebut tentunya untuk menarik konsumen agar membeli produk industri tersebut. Untuk  bisa memodifikasi suatu produk, industri harus bisa mendesain suatu produk yang ingin di hasilkan. Desain suatu produk tersebut dapat di lihat dari gambar yang telah dibuat. Dari gambar, suatu industri akan melakukan proses produksi untuk menghasilkan produk sesuai yang diinginkan. Ada beberapa program komputer yang digunakan dalam menggambar teknik, salah satunya adalah program AutoCAD. Autocad adalah salah satu dari banyak aplikasi yang sering digunakan untuk menggambar desain. Selain itu kegunaan gambar teknik dalam dunia teknik sebagai media untuk berkomunikasi. Saat ini autocad banyak digunakan untuk mengembangkan desain produk. Selain mempunyai banyak keunggulan, autocad juga bisa di terapkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu ilmu tentang autocad ini penting untuk dipelajari oleh seorang desainer.