Home / Profil / Program Kerja

Program Kerja

Planning: Rancangan program kerja Program Studi Teknik Sipil diawali dengan penyusunan kalender akademik yang bersumber dari Statuta Universitas Islam Lamongan dan rincian dari Renstra dan RIP Fakultas Teknik dan dibentuk dalam kegiatan dan program kerja di kalender Program Studi Teknik Sipil yang meliputi:
Penyusunan kalender akademik Program Studi Teknik Sipil.

  1. Menyusun sebaran mata kuliah dalam 8 semester dengan sistem sks terkendali, maksudnya mahasiswa dapat memprogram mata kuliah program studi bagi setiap angkatan dengan menambahkan mata kuliah di semester atas atau bawahnya, bila jumlah SKS belum mencapai pagu/kuota yang ditetapkan oleh Program Studi
  2. Menyusun data base dosen Program Studi Teknik Sipil sesuai kompetensinya
  3. Penerimaan Kartu Rencana Studi/KRS Online
  4. Menyusun jadwal kuliah dan jadwal Pemprograman matakuliah
  5. Menyiapkan jurnal perkuliahan dosen dan jurnal kehadiran dosen
  6. Menyiapkan blanko Administrasi perkuliahan dan blanko riset
  7. Pembagian kerja staf dan pelayanan umum
  8. Agenda rapat Program Studi regular dan seminar.
  9. Menyusun Jadwal pengawasan mutu akademik dengan monitoring dan evaluasi yang terencana

Organizing: Struktur Organisasi dalam Program Studi Teknik Sipil adalah:

  1. Struktur organisasi Program Studi Teknik Sipil adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi universitas. Program Studi mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kekepada masyarakat dalam sebagian ilmu pengetahuan Teknik Sipil untuk program akademik dan program profesional;
  2. Fakultas Teknik dipimpin oleh Dekan yang bertanggungjawab kepada Rektor. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Dekan dibantu oleh 3 Wakil Dekan, yang bertanggungjawab kepada Dekan. Wakil Dekan I menangani dan bertanggungjawab masalah akademik, Wakil Dekan II bertanggungjawab di bidang adminstrasi umum dan kepegawaian, Wakil Dekan III bertangggungjawab di bidang kemahasiswaan;
  3. Program Studi Teknik Sipil adalah unsur pelaksana akademik pada fakultas yang melaksanakan pendidikan akademik dan atau profesional dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan di bidang Teknik Sipil;
  4. Program Studi Teknik Sipil dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi yang dipilih di antara dosen senior dan bertanggungjawab kepada pimpinan fakultas yang membawahinya. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari Ketua Program Studi  dibantu oleh Sekretaris dan Staf Program Studi . Program Studi Teknik Sipil saat ini memiliki dosen Program Studi 16 orang dosen tetap dan dosen tidak tetap 1 orang.

Leading: Pengelolaan Program Studi Teknik Sipil dilakukan dengan sangat baik dengan pembagian tugas yang terencana dan dievaluasi dengan  cermat. Perencanaan tugas tiap bagian dan unit pelaksana dijabarkan dalam tupoksi yang jelas dari jenjang struktural sampai unit terkecil di dalam organisasi  di Program Studi   Teknik Sipil dan staffing Program Studi  untuk melayani masyarakat kampus terdiri atas dosen, mahasiswa, wali mahasiswa, dan market/user dengan pola kepemimpinan sebagai berikut :

  • Dekan

Memimpin pelaksanaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, mahasiswa, tenaga administrasi fakultas, dengan fungsi sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat;
  2. Pembinaan/pengawasan/pengarahan pada seluruh kegiatan sivitas akademika, meliputi pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  3. Pembinaan dosen, mahasiswa dan tenaga administrasi;
  4. Pembinaan pengelolaan administrasi fakultas di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  5. Pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan di bidang tugasnya
  • Wakil Dekan I

Tugasnya membantu di bidang Akademik sebagai Ketua UPMP bertugas dalam hal: Membantu dekan dalam memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengembangan di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kekepada masyarakat serta menganalisis perumusan pembinaannya, dengan fungsi, antara lain sebagai berikut:

  1. Perumusan konsep rencana dan program kerja fakultas dalam bidang pendidikan dan pengajaran serta penelitian kepada masyarakat;
  2. Pelaksanaan pengembangan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Pembinaan tenaga dosen di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Penyusunan program pendidikan di berbagai tingkatan dan bidang;
  5. Perencanaan dan pelaksanaan kerjasama dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan semua unsur pelaksana di lingkungan Universitas;
  6. Pelaksanaan kegiatan di bidang pengabdian kepada masyarakat;
  7. Pemecahan masalah yang timbul di bidang tugasnya;
  8. Pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan di bidang tugasnya.
  • Wakil Dekan II, Bidang Administrasi Umum
  1. Membantu dekan dalam memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengembangan dibidang administrasi perencanaan, pengelolaan keuangan dan inventaris Fakultas, kepegawaian, kerumahtanggaan, akademik dan kemahasiswaan serta menganalisis perumusan pembinaannya, dengan fungsi sebagai berikut: Perumusan di bidang administrasi perencanaan, pengelolaan keuangan dan inventaris kekayaan Fakultas, kepegawaian, kerumahtanggaan, akademik dan kemahasiswaan;
  2. Perumusan konsep rencana dan program kerja fakultas di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan, kepegawaian, ketatausahaan, perlengkapan, kerumahtanggaan, pemeliharaan, ketertiban dan keamanan;
  3. Pengelolaan data di bidang administrasi perencanaan, keuangan dan inventaris kekayaan Fakultas, kepegawaian, kerumahtanggaan, akademik dan kemahasiswaan;
  4. Pembinaan tenaga administrasi umum di bidang administrasi perencanaan, pengelolaan keuangan dan inventaris kekayaan Fakultas, kepegawaian, kerumahtanggaan, akademik dan kemahasiswaan;
  5. Pemecahan masalah yang timbul di bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan di bidang tugasnya.
  • Wakil Dekan III, Bidang Kemahasiswaan

Membantu dekan dalam memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengembangan di bidang pembinaan minat, bakat, sikap, penalaran dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa serta menganalisis perumusan pembinaannya, dengan fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan pembinaan minat, bakat, sikap, penalaran dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  2. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan minat, bakat, sikap dan penalaran mahasiswa;
  3. Pelaksanaan usaha kesejahteraan dan bimbingan serta penyuluhan bagi mahasiswa;
  4. Pelaksanaan kerjasama dengan semua unsur pelaksana di lingkungan Universitas dengan setiap usaha bidang kemahasiswaan;
  5. Penciptaan iklim kampus dan pelaksanaan program pembinaan, pemeliharaan kesatuan, dan persatuan bangsa berdasarkan Islam, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945;
  6. Pemecahan masalah yang timbul di bidang tugasnya;
  7. Pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan dibidang tugasnya.
  • Ketua Program Studi Teknik Sipil

Tugasnya membantu dekan dalam memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengembangan pada Program Studi  di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kekepada masyarakat serta menganalisis perumusan pembinaannya, penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan di bidang tugasnya, dengan fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan konsep rencana dan program kerja Program Studi dalam bidang pendidikan dan pengajaran (kurikulum, metodologi, silabus dan proses pembelajaran) serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Pelaksanaan pengembangan pendidikan dan pengajaran kurikulum, metodologi, silabus dan proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Pembinaan tenaga dosen di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Penyusunan Program Studi bidang pendidikan di berbagai tingkatan;
  • Sekretaris Program Studi Teknik Sipil
  1. Menyusun konsep sebaran mata kuliah Program Studi Teknik Sipil
  2. Menyiapkan data base perkembangan prestasi akademik mahasiswa Program Studi ;
  3. Mendokumentasikan nilai UTS/UAS/skripsi yang asli dari dosen;
  4. Memproses pelaksanaan KKN, seminar dosen/mahasiswa dan pengembangan Program Studi ;
  5. Menyiapkan data mahasiswa calon penerima beasiswa;
  6. Memberikan pelayanan administrasi akademik kepada mahasiswa Program Studi Teknik Sipil (transkrip ijazah, cuti studi, mutasi studi dan blanko izin riset, surat keterangan lainnya);
  7. Melaksanakan administrasi kegiatan mahasiswa (wali studi, pembagian dosen pembimbing skripsi dan HMJ);
  8. Menyiapkan blangko usul judul skripsi, kartu konsultasi skripsi, surat ijin penelitian dll;
  9. Memproses surat masuk dan keluar yang terkait dengan Program Studi ;
  10. Melaksanakan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan.