Home / Berita / Semarakkan Dies Natalis Fakultas Teknik Ke-21, Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Islam Lamongan Gelar Civil Festival 2021

Semarakkan Dies Natalis Fakultas Teknik Ke-21, Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Islam Lamongan Gelar Civil Festival 2021

Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Universitas Islam Lamongan (UNISLA) kembali menyelenggarakan festival yang bertemakan “Save The Environment Through Green Building”, yang merupakan acara tahunan juga sebagai salah satu kegiatan dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis Fakultas Teknik ke-21. Civil Festival 2021 kali ini berisikan kompetisi maket hunian ramah lingkungan yang diperuntukkan bagi siswa SMA sederajat se-Jawa Timur. Kaprodi Teknik Sipil UNISLA, Dwi Kartikasari, ST., MT. menyampaikan bahwa acara Civil Festival 2021 dimaksudkan untuk mewadahi ide-ide siswa sebagai penerus generasi dan para ahli teknik sipil muda Indonesia untuk mengasah kemampuan, kreativitas, dan inovasi, di bidang teknik sipil. Selain itu juga dimaksudkan untuk dapat menjawab tantangan masa depan di bidang teknik sipil, melalui serangkaian kompetisi yang kerap disebut Civest ini.

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan dibukanya pendaftaran yang didapatkan sebanyak 21 tim peserta dari berbagai instansi, yang mana setiap tim terdiri dari tiga siswa, kemudian dilakukan pengerjaan dan pengumpulan proposal serta video perakitan maket dari rumah atau sekolah, dan dilanjut dengan proses penjurian untuk diperoleh tim yang layak di 10 besar. Tim yang lolos di 10 besar, diundang dengan membawa maket hasil perakitan masing-masing untuk dipresentasikan di hadapan juri penilai. Dalam presentasi maket, peserta diharapkan mampu menjelaskan konsep hunian yang mereka desain, keunggulan dan kekurangan, tema hunian, biaya perakitan, serta bagaimana kesesuaian konsep dengan tema yang sudah disediakan.

Setelah semua tim selesai melakukan presentasi, kegiatan ditutup dengan sambutan Dekan Fakultas Teknik, Bapak Arief Budi Laksono, ST., MT. Beliau menuturkan, “Tim yang masuk di 10 besar ini, diberikan privilege atau keistimewaan gratis mendaftar di Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan dengan menunjukkan sertifikat 10 besarnya, juga diutamakan untuk mendapatkan berbagai beasiswa sampai lulus yang ada di Program Studi Teknik Sipil”. Beliau juga mengumumkan ketiga juara pada kompetisi maket hunian ramah lingkungan ini, yang mana berhasil diraih oleh tim Ken Arok (SMK Negeri 1 Singosari) sebagai juara 1, tim Construction (SMK Negeri 1 Singosari) sebagai juara 2, dan tim Asah Sae (SMK Sunan Drajat Lamongan) sebagai juara 3, dengan penyerahan hadiah dilaksanakan di malam puncak Dies Natalis Fakultas Teknik. Di akhir sambutan, sebelum ditutup, beliau juga menambahkan, “Untuk tim yang belum berhasil memenangkan juara 1, 2, dan 3, jangan khawatir. Ada tambahan 3 kategori juara diantaranya: Maket Terbaik, Proposal Terbaik, dan Video Terbaik yang berhak diperebutkan semua tim selain peraih ketiga juara utama dan akan diumumkan di malam puncak Dies Natalis Fakultas Teknik ke-21”, ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *